Nur Indah Sari Perancangan Media Pembelajaran Kamus Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Di kelas 1 SDN 298 Cabalu
MULIMEDIA BASED ENGLISH DICTIONARY LEARNING MEDIA DESIGN IN GRADE 1 SDN 298 CABALU
Kata Kunci:
Kata Kunci : Perancangan, Kamus Bahasa Inggris, MultimediaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk merancang Aplikasi Media Pembelajaran Kamus Bahasa Inggris Berbasis Multimedia pada siswa kelas I SDN 298 Cabalu (2) Untuk menerapkan Aplikasi Media Pembelajaran Kamus Bahasa Inggris Berbasis Multimedia pada siswa kelas I SDN 298 Cabalu (3) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas I SDN 298 Cabalu setelah penggunaan Aplikasi Media Pembelajaran Kamus Bahasa Inggris Berbasis Multimedia.
Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan media pembelajaran kamus bahasa inggris berbasis multimedia ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Versi Luther-Sutopo yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan tahap Concept, Design menggunakan Macromedia Flash 8.0, Material Collecting, Assembly, dan Testing menggunanakan Black Box. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian dengan tahap-tahap Observasi, Study Pustaka dan Wawancara.
Hasil perancangan media pembelajaran kamus bahasa inggris ini: (1) Tahap perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Kamus Bahasa Inggris Berbasis Berbasis Multimedia yaitu dengan tahap perancangan input yakni Unified Modeling Languange (UML) berupa, Use Case Diagram. Activity Diagram, Sequence Diagram dan Statechart Diagram dan perancangan output menggunakan software Macromedia Flash. (2) Aplikasi Media Pembelajaran Kamus Bahasa Inggris Berbasis Multimedia diterapkan kepada siswa kelas I SDN 298 Cabalu yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang baru serta telah dilakukan validasi dengan hasil pengujian black box dan semua tombol dan ikon berjalan sesuai fungsinya dan Aplikasi ini diserahkan kepada guru kelas I. (3) Tingkat motivasi belajar siswa setelah menggunakan aplikasi media pembelajaran kamus bahasa inggris berbasis multimedia pada siswa kelas 1 SDN 298 Cabalu ini meningkat. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata jawaban responden terhadap angket atau kuesioner yang dibagikan setelah adanya aplikasi yaitu motivasi belajar siswa kelas 1 SDN 298 Cabalu diperoleh bahwa motivasi belajar siswa meningkat dan berada di 23,96 % dengan kategori “Setuju” dan angket atau kuesioner yang di isi oleh guru kelas dengan nilai rata-rata 42,5 % dengan kategori “Setuju”.