EFEKTIVITAS LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS MAHASISWA BERBASIS BLENDED LEARNING EFEKTIVITAS LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS MAHASISWA BERBASIS BLENDED LEARNING
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas literasi digital dalam meningkatkan kompetensi bahasa Inggris mahasiswa berbasis blended learning di Universitas Ichsan Sidenreng Rappang. Literasi digital memainkan peran penting dalam membantu mahasiswa mengakses, mengolah, dan menyaring informasi, terutama dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest, yang melibatkan 30 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran bahasa Inggris berbasis blended learning. Instrumen utama penelitian adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang mengukur empat aspek: membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kompetensi bahasa Inggris mahasiswa setelah mengikuti program pembelajaran berbasis literasi digital. Berdasarkan perhitungan gain score, nilai rata-rata mahasiswa meningkat dari 35,67 pada pretest menjadi 84,23 pada posttest, dengan gain score sebesar 0,75. Temuan ini menunjukkan bahwa literasi digital dapat secara efektif meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa, khususnya dalam keterampilan dasar seperti membaca dan menulis, yang mendukung keberhasilan pembelajaran berbasis blended learning.
Kata Kunci : Literasi Digital, Kompetensi Bahasa Inggris, Blended Learning, Pembelajaran Berbasis Teknologi, Gain Score
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.