Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Tentang Pengenalan Tata Surya Berbasis Augmented Reality

Isi Artikel Utama

Haspiadi Syahrir
Farida
Juniarti Iryani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Merancang media pembelajaran IPA pada pengenalan tata surya berbasis augmented reality. (2) Mengimplementasikan media pembelajaran IPA pada pengenalan tata surya berbasis augmented reality. (3) Mengetahui respon siswa dan guru terhadap aplikasi media pembelajaran IPA pada pengenalan tata surya berbasis augmented reality. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia development Life Cycle (MDLC). Model pengembangan multimedia ini terdiri dari enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan  distribution.Berdasarkan hasil pembahasan pengembangan media pembelajaran IPA tentang pengenalan tata surya berbasis augmented reality, dapat disimpulkan (1) Pengembangan media pembelajaran IPA tentang pengenalan tata surya berbasis Augmented Reality ini telah dirancang menggunakan software  unity versi 2018.4.28f1 untuk membangun aplikasi AR dan mengolah objek 3D. Vuforia Engine 10.12 digunakan sebagai tools yang dapat menyisipkan image target kedalam unity 3D, perancangan marker menggunakan software Coreldraw X7 dan pembuatan objek 3d susunan tata surya dirancang menggunakan software Sketchup 2018. (2) Pengembangan media pembelajaran IPA tentang pengenalan tata surya berbasis Augmented Reality di implementasikan pada Siswa kelas VI dan Guru pada UPT SPF SD 293 Tanah KongKong. (3) Respon peserta didik dan Guru terhadap aplikasi media pembelajaran IPA tentang pengenalan Tata Surya berbasis Augmented Reality memberikan tanggapan “Positif” terhadap media. Hal ini dapat dilihat pada total persentase rata-rata sebesar 74,93%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Syahrir, H., Farida, & Iryani, J. . (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Tentang Pengenalan Tata Surya Berbasis Augmented Reality. Journal System Information And Computer, 2(2), 237–258. https://doi.org/10.63989/ammatoa.v2i2.134
Bagian
Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama